17 Jenis-Jenis Peti Kemas dan Kegunaannya (serta Ukurannya!)

Tulisan ini akan penjelasan lengkap mengenai jenis-jenis peti kemas dan kegunaannya dengan dilengkapi ukurannya untuk mendapatkan deskripsi lebih jelas.

Jika anda membutuhkan peti kemas atau masih bingung dan ingin berkonsultasi (bertanya-tanya) segala sesuatu mengenai peti kemas ini, jangan ragu untuk menghubungi kami.

Silahkan klik 0813-3629-4172 untuk dapat berkonsultasi via WA.

17 Jenis-Jenis Peti Kemas dan Kegunaannya serta Ukurannya

Pendahuluan

Unit peti kemas merupakan bagian yang paling integral dari seluruh industri pelayaran, perdagangan, dan transportasi. Peti kemas pengiriman ini merupakan suatu struktur yang menyimpan berbagai macam produk yang perlu dikirim dari satu bagian dunia ke bagian dunia yang lain. Bentuk container akan melindungi isi untuk suatu perjalanan Panjang. Peti kemas dibuat untuk memastikan produk Anda dating dalam satu potong yang utuh.

Dengan demikian, peti kemas yang dibutuhkan akan tergantung pada jenis produk yang akan dikirim atau jasa khusus yang diperlukan dari peti kemas. Unit peti kemas dapat bervariasi dalam dimensi, struktur, bahan, konstruksi dll.

Berbagai jenis peti kemas pengiriman yang digunakan saat ini wajib memenuhi persyaratan dari semua jenis pengiriman kargo.

Berikut merupakan jenis-jenis peti kemas dan kegunaannya dengan dilengkapi gambar yang paling umum:

1. Dry Storage Container (17 Jenis-Jenis Peti Kemas dan Kegunaannya serta Gambarnya!)

Dry Container - 17 Jenis-Jenis Peti Kemas dan Kegunaannya serta Ukurannya

Jenis pertama dari jenis-jenis peti kemas dan kegunaannya merupakan General Purpose Container atau juga dikenal sebagai “Dry Storage Container“. Peti kemas pengiriman jenis ini merupakan yang paling umum digunakan.

Peti kemas tersedia dalam berbagai dimensi distandarisasi oleh ISO. Peti kemas digunakan untuk pengiriman bahan kering dan datang dalam ukuran 10 feet (ft), 20 ft, dan 40 ft.

Peti kemas ini sepenuhnya tertutup, dilindungi dan tahan terhadap unsur-unsur cuaca, dengan atap, dinding samping dan lantai yang kaku. Peti kemas “dry storage” sejauh ini merupakan jenis yang paling umum digunakan. Sehingga dengan demikian, container ini digunakan untuk memuat sebagian besar jenis kargo yang normal.

Selain itu, General Purpose Container ini dapat memiliki adaptasi seperti liner-bags atau flexi-tank untuk pengiriman beberapa jenis kargo curah cair atau kargo curah kering.

2. Flat Rack Container

Flat Rack Container

Flat rack container ini memiliki sisi dilipat yang dapat dilipat untuk membuat rak datar. Dinding end cukup stabil untuk memungkinkan pengamanan kargo, sehingga peti kemas ideal untuk pengiriman barang-barang yang besar, seperti mesin-mesin berat, kendaraan di trek, gulungan besar dan bahan konstruksi. Beberapa 40 ft flat rak peti kemas pengiriman cocok untuk membawa sebanyak 45 metrik ton kargo.

Jenis kedua dari jenis-jenis peti kemas dan kegunaannya memiliki sisi yang dapat dilipat. Dengan sisi dilipat, ini merupakan seperti penyimpanan peti kemas pengiriman sederhana di mana sisi bisa dilipat sehingga membuat rak datar untuk pengiriman berbagai macam barang.

3. Open Top Container (17 Jenis-Jenis Peti Kemas dan Kegunaannya serta Ukurannya!)

Container-Open-Top

Jenis selanjutnya dari jenis-jenis peti kemas dan kegunaannya merupakan Open Top Container. Peti kemas jenis ini memiliki atap convertible yang dapat benar-benar dihilangkan.

Peti kemas ini cocok untuk kargo yang lebih-tinggi dan tidak dapat dengan mudah dimuat melalui pintu. Penggunaannya merupakan untuk misalnya mesin tinggi atau / produk jadi lainnya berat besar. Cocok untuk barang-barang yang penanganan dan pemuatan hanya dapat dilakukan dengan derek atau bergulir jembatan.

Open Top Container memiliki cincin dipasang untuk rel sisi atas dan bawah dan sudut posting untuk mengamankan kargo, dan tersedia dalam 20 ft dan 40 ft.

Dengan atap convertible yang dapat benar-benar dibuka (tidak dipasang) untuk membuat bagian atas terbuka sehingga bahan tinggi apapun dapat dikirimkan dengan mudah.

4. Tunnel Container

tunnel Container

Jenis selanjutnya dari jenis-jenis peti kemas dan kegunaannya merupakan apa yang disebut dengan “Tunnel Container”. Unit peti kemas jenis ini disediakan dengan pintu di kedua ujung container. Hal ini sangat berguna dalam pemuatan cepat dan muat bahan.

5. Open Side Storage Container (17 Jenis-Jenis Peti Kemas dan Kegunaannya serta Ukurannya!)

Container-Open-Side

Peti kemas menyediakan pintu yang bisa berubah menjadi sisi benar-benar terbuka memberikan ruang yang lebih luas untuk memuat bahan.

Open Side Storage Container sangat mirip dengan peti kemas pengiriman reguler, General Purpose Container, satu-satunya perbedaan merupakan bahwa pintu dapat membuka sepenuhnya di samping juga. Fitur ini menyediakan ruang yang lebih luas dan akses, yang membuat bongkar muat bahan mudah.

Peti kemas ini umumnya tersedia dalam 20 ft dan 40 ft , dan peti kemas memberikan ruang yang memadai untuk barang-barang ekstra besar yang tidak bisa masuk melalui pintu biasa. Open Side Storage Container merupakan jenis kelima dari jenis-jenis peti kemas dan kegunaannya yang kita bahas.

6. Double Doors Container

Container-Double-Door

Dengan pintu di kedua ujung wadah pengiriman, jenis wadah ini juga dikenal sebagai “wadah terowongan”. peti kemas pintu ganda sangat membantu untuk cepat bongkar muat barang, dan peti kemas membuat ruang yang lebih luas untuk barang-barang seperti baja dan besi.

Peti kemas ini memiliki dua set pintu dengan penguncian yang sama perakitan dan cuaca segel ketat untuk menjaga kargo dilindungi dari unsur-unsur.

Peti kemas merupakan jenis unit penyimpanan yang disediakan dengan dua pintu, membuat ruang lebih luas untuk bongkar muat bahan. bahan konstruksi termasuk baja, besi dll dalam ukuran standar dari 20ft dan 40ft.

7. Refrigerated ISO Container (17 Jenis-Jenis Peti Kemas dan Kegunaannya serta Ukurannya!)

Container-ISO

Selanjutnya merupakan Refrigerated ISO Container (urutan ke-7 dari jenis-jenis peti kemas dan kegunaannya ). Peti kemas ini selalu memiliki suhu rendah dikontrol dengan hati-hati. Peti kemas secara eksklusif digunakan untuk pengiriman zat yang mudah rusak seperti buah-buahan dan sayuran jarak jauh.

Sebuah peti kemas pengiriman ISO digunakan untuk pengiriman suhu sensitif, kargo yang mudah rusak seperti daging, buah-buahan dan sayuran.

Peti kemas ini bergantung pada daya eksternal untuk menjaga suhu diatur. Peti kemas ini umumnya tersedia dalam 20 ft dan 40 ft, dan biasanya terbuat dari baja yang dikenal sebagai “cor-ten steel”.

8. Insulated atau Thermal Containers

Container-Insulated

Peti kemas yang tersedia dengan kontrol suhu yang dapat diatur. Hal ini memungkinkan peti kemas untuk mempertahankan temperature dalam ruangan. Peti kemas ini terbuat dari bahan pilihan untuk memungkinkan memiliki waktu pakai yang panjang tanpa rusak oleh paparan konstan untuk suhu tinggi. Peti kemas yang paling cocok untuk transportasi jarak jauh dari produk.

Seperti peti kemas ISO Reefer, wadah terisolasi atau termal memiliki kontrol suhu diatur yang memungkinkan peti kemas untuk menahan suhu yang lebih tinggi. Peti kemas dilengkapi dengan kepatuhan listrik (kompresor mekanik) untuk mendinginkan atau memanaskan udara dalam wadah. peti kemas terisolasi biasanya dibangun dari tabung hampa udara, mirip dengan “termos” botol.

Dengan demikian, jenis kedelapan dari jenis-jenis peti kemas dan kegunaannya ini paling cocok untuk transportasi jarak jauh dari produk seperti makanan, obat-obatan, organ, darah, bahan biologis dan kimia.

9. Tank Container

Container-Tank - 17 Jenis-Jenis Peti Kemas dan Kegunaannya serta Ukurannya

Unit peti kemas yang digunakan sebagian besar untuk transportasi bahan cair, peti kemas digunakan oleh sebagian besar seluruh industri pelayaran. Peti kemas sebagian besar terbuat dari baja kuat atau bahan anti korosif lainnya menyediakan peti kemas dengan umur panjang dan perlindungan terhadap material.

Peti kemas tangki (“Tank Container”), atau kapal tanker, terbuat dari baja kuat atau bahan anti-korosif lainnya untuk transportasi dan lama hidup perlindungan bahan cair. Sebuah peti kemas tangki harus minimal 80% penuh untuk mencegah lonjakan berbahaya cairan dalam perjalanan, tetapi juga harus tidak lebih dari 95% penuh atau tidak akan ada ruang yang cukup untuk ekspansi termal.

10. Cargo Storage Roll Container

Roll-Off-Containers

Cargo Storage Roll Container merupakan  jenis selanjutnya dari daftar jenis-jenis peti kemas dan kegunaannya kali ini. Cargo Storage Roll Container merupakan sebuah peti kemas dilipat, ini merupakan salah satu unit peti kemas khusus dibuat untuk tujuan pengangkutan set atau tumpukan bahan.

Peti kemas terbuat dari tebal dan kuat wire mesh bersama dengan rol yang memungkinkan gerakan mudah peti kemas. Ketersediaan di berbagai kawat berwarna jerat membuat unit-unit peti kemas pengiriman sedikit lebih ceria.

11. Half Height Container

Container-Half-Height

Jenis selanjutnya dari daftar jenis-jenis peti kemas dan kegunaannya merupakan peti kemas setengah tinggi (Half Height Container). Sebagian besar terbuat dari baja, peti kemas ini setengah tinggi peti kemas berukuran penuh. Digunakan terutama untuk yang baik batubara seperti, batu dll yang perlu bongkar mudah muat.

Peti kemas pengiriman setengah tinggi dirancang untuk mengangkut kargo curah yang berat dan padat. Ini merupakan baik untuk mengangkut barang-barang seperti batu bara dan batu, sehingga peti kemas sempurna untuk digunakan dalam industri pertambangan.

Peti kemas ini memiliki pusat gravitasi yang rendah sehingga peti kemas dapat lebih baik menangani beban lebih berat dari peti kemas tinggi, membuat peti kemas fleksibel dan peti kemas cukup kuat untuk menahan lingkungan industri kasar. peti kemas setengah tinggi juga mudah untuk bongkar muat.

12. Car Carrier Container

Car Carrier

Jenis selanjutnya dari daftar jenis-jenis peti kemas dan kegunaannya merupakan Car Carrier Container. Peti kemas ini dibuat khusus untuk pengiriman mobil jarak jauh. Peti kemas datang dengan sisi dilipat yang membantu mobil pas di dalam wadah tanpa risiko rusak atau bergeser dari tempat itu.

13. Intermediate Bulk Shift Containers (17 Jenis-Jenis Peti Kemas dan Kegunaannya serta Ukurannya!)

intermediate-bulk-container

Intermediate Bulk Shift Containers merupakan pengiriman peti kemas penyimpanan khusus dibuat semata-mata untuk tujuan pengiriman menengah barang.

Jenis ke-13 dari 17 jenis-jenis peti kemas dan kegunaannya ini dirancang untuk menangani sejumlah besar bahan dan dibuat untuk tujuan bahan pengiriman ke tujuan mana peti kemas dapat lebih dikemas dan dikirim ke tempat akhir.

14. Drums Container

drums container

Seperti namanya, drum container (jenis-jenis peti kemas dan kegunaannya), peti kemas pengiriman berbentuk melingkar (spherical), terbuat dari pilihan bahan seperti baja, logam ringan, serat, plastik keras dll peti kemas yang paling cocok untuk transportasi massal bahan cair. Peti kemas lebih kecil dalam ukuran tetapi karena bentuknya, mungkin perlu ruang tambahan.

15. Special Purpose Container (17 Jenis-Jenis Peti Kemas dan Kegunaannya serta Ukurannya!)

Special-Purpose-Containers

Special Purpose Container, ini merupakan unit peti kemas, kustom dibuat untuk tujuan khusus. Sebagian besar, peti kemas digunakan untuk layanan profil tinggi seperti pengiriman senjata dan pembakaran. Dengan demikian, konstruksi dan komposisi bahan tergantung pada tujuan khusus yang peti kemas butuhkan untuk melayani. Tetapi pada kebanyakan kasus, keamanan tetap menjadi prioritas utama.

16. Swap Bodies

Container-Swap-Body - 17 Jenis-Jenis Peti Kemas dan Kegunaannya serta Ukurannya

Jenis selanjutnya dari jenis-jenis peti kemas dan kegunaannya kita kali ini merupakan Swap bodies. Peti kemas merupakan jenis khusus dari peti kemas yang digunakan sebagian besar di Eropa. Tidak dibuat sesuai dengan standar ISO, peti kemas tidak standar unit peti kemas tetapi sangat berguna semua sama. Peti kemas disediakan dengan dasar yang kuat dan atap convertible membuat peti kemas cocok untuk pengiriman berbagai jenis produk.

Swap bodies merupakan peti kemas tukar yang digunakan untuk jalan dan rel. Peti kemas umumnya digunakan di Eropa. Swap bodies memiliki atap convertible, yang membuat peti kemas cocok untuk pengiriman berbagai barang. Karena Swap bodies tidak memiliki kelengkapan sudut atas dan tidak stackable, peti kemas dibatasi untuk transportasi darat saja.

17. High Cube Container (17 Jenis-Jenis Peti Kemas dan Kegunaannya serta Ukurannya!)

Container-Swap-Body - 17 Jenis-Jenis Peti Kemas dan Kegunaannya serta Ukurannya

High Cube Container yang mirip dengan struktur General Purpose Container, tetapi lebih tinggi sekitar 1 kaki (1 foot). Peti kemas ini tersedia dalam ukuran 40 ft dan kadang-kadang 45 ft , dan digunakan dalam kasus di mana kapasitas volume yang sedikit lebih besar diperlukan.

Kebanyakan High Cube Container memiliki bagian khusus di lantai di ujung depan ke pusat wadah pada apa yang disebut chassis gooseneck, yang memungkinkan untuk barang tergeletak/berbaring rendah dan menjadi konstruksi lebih tinggi.

Penutup

Demikian uraian tulisan mengenai “17 Jenis-jenis peti kemas dan Kegunaannya (serta Ukurannya!)”. Semoga bermanfaat!

Jika Anda tidak yakin jenis peti kemas mana yang Anda butuhkan, kami dari Raficon siap membantu memilihkan dan menyediakan peti kemas yang sesuai.

Silahkan klik 0813-3629-4172 untuk dapat berkonsultasi via WA.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Don`t copy text!
Scroll to Top